Tuesday, August 21, 2012

GREEN CANYON, BATU HIU, BATU KARAS


GUA di GREEN CANYON
GREEN CANYON adalah surganya sungai dengan airnya yang berwarna “Hijau Toska”. Penduduk setempat menamakan tempat ini adalah “Cukang Taneuh” yang artinya “Jembatan Tanah“ kemudian seorang warga negara Prancis mempopulerkan tempat ini dengan sebutan “Green Canyon”. Tempatnya masih didaerah Ciamis – Jawa Barat dan tidak jauh dari Pantai Pangandaran, kira-kira dibutuhkan waktu 20 menit untuk sampai ketempat ini. Sebelum naik perahu, penumpang harus membeli tiket diloket dengan harga sewa perahu Rp 75.000,- untuk kapasitas penumpang max. 5 orang. Setelah membeli tiket kami langsung naik untuk segera menyusuri sungai berwarna Hijau Toska, pemandagan sangat cantik karena banyak pepohonan disisi kiri dan kanan sungai yang menambah indahnya perjalanan, hingga tak terasa sudah sampai ke tujuan di ujung hulu yang persis mirip gua dengan dinding batu yang indah dengan tetesan air dari dinding-dinding gua. Biasanya penumpang akan diturunkan tepat di mulut gua, kamipun ikut  naik keatas tebing untuk menikmati arus air yang cukup deras dan sangat jernih. Pancaran sinar matahari dari atas gua membuat pemandangan didalam terlihat sangat jelas dan saya, sangat mengagumi keindaha ciptaan Tuhan dengan mengabadikan tempat ini.

GREEN CANYON

Bagi yang suka berpetualang, masih ada tantangan untuk menyusuri sungai dengan berenang dimulai dari mulut gua sampai keujung gua yang tentunya dengan bantuan pemandu, tentu akan mengeluarkan sedikit kocek untuk membayar pemandu. Setiap peserta akan mengenakan alat pengaman penutup kepala, kaki dan pelampung untuk menghindari luka-luka karena benturan batu-batu yang cukup tajam. Bagi peserta yang tidak bisa berenang jangan khawatir selain memakai pelampung, tersedia tali yang sudah terpasang disepanjang sungai jadi tiap peserta bisa memegang tali yang sudah terpasang disungai dilakukan sambil berjalan ataupun berenang, tentunya sangat asik. Bagi yang suka tantangan atau adventure, masih ada program seru lain, ini sangat menguji andrenalin yaitu "Body Rafting" tantangannya cukup sensational dengan memanjat tebing dan melompat ke sungai yang terjal dari batu yang cukup tinggi dan biasanya dilakukan pergroup untuk lebih asiknya harus mencoba. Selamat mencoba petualangan seru ini.


BATU HIU
Tempat berikutnya adalah “Batu Hiu” tempat ini juga sangat indah dengan bukit kecil dan pintu masuk berbentuk hiu, diatas bukit kita akan melihat laut lepas yang sangat luas. Bukit ini mirip seperti taman yang sudah ditata dengan rapih dan sangat nyaman untuk duduk sambil menikmati laut lepas. Hanya disini pengujung tidak diperbolehkan berenang karena sangat berbahaya, ombaknya sangat kuat. Kami sangat menikmati pemandangan samudara luas dan tentunya setiap tempat yang kami telusuri pasti kami abadikan.
BATU HIU

Bukit di BATU HIU
BATU KARAS
Bagi yang suka Surfing Batu Karas adalah tempatnya. Selain turis local banyak juga turis mancanegara yang datang ketempat ini untuk surfing. Tempat ini juga cukup nyaman untuk bersantai dan tidak sulit mencari makanan karena banyak penjual makanan
Surfing di BATU KARAS
Dikarenakan waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore, kamipun harus segera balik ke Jakarta karena perjalanan masih jauh dan esoknya harus balik kerja lagi.
Bagi yang akan liburan ke Pangandaran sepertinya tempat-tempat diatas merupakan satu paket yang harus dikunjungi, sayang kalau terlewat. 
Enjoy the beautiful of Indonesia.

No comments:

Post a Comment