Sunday, August 19, 2012

The BLUE of PANGANDARAN

PANGANDARAN di Kabupaten Ciamis adalah tempat yang sangat indah untuk rekreasi. Kira-kira 8 jam perjalanan dari Jakarta baru akan tiba ditempat ini. Untuk yang traveling sendiri, kelompok maupun bersama keluarga, jangan khawatir dengan penginapan karena penginapan sangat banyak ditempat ini dari harga backpacker maupun harga yang lebih mahal tapi harga hotel ditempat ini masih relative  terjangkau dan viewnya juga bagus, rata-rata menghadap ke laut baik Pangandaran Barat maupun Pangandaran Timur.
Setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang akhirnya kami tiba di Pangandaran Barat sekitar pukul 3 sore, kami langsung menuju hotel yang sudah dibooking sebelumnya, ternyata tidak sulit mencari hotel karena searah jalan lurus saja dan posisi hotel kami berada ditengah Pangandaran Barat. Langsung kami check in dan menurunkan semua barang bawaan, ruangan kamarnya cukup besar “Double Bed Family” untuk empat orang, AC, Hot Water, dispenser dengan segalon air complete gula, teh dan coffee, didepan kamar ada swimming pool kecil harganya okelah karena kami berempat. Setelah selesai menurunkan barang langsung kami cabut, rasa lelah terkalahkan karena tidak sabar ingin menikmati indahnya Pangandaran. Kami berjalan kearah Cagar Alam tepat didepan banyak pedagang makanan, akhirnya kami berhenti untuk mengisi perut supaya tidak masuk angin. Saat bersantap dan menikmati laut bebas, tiba-tiba seorang Bapak menawarkan naik perahu ke Cagar Alam disebelah tebing untuk melihat pasir putih, langsung kami mengangguk setuju dengan penawaran Rp 50 rb bolak balik. Setelah selesai makan langsung memanggil Tukang Perahu, kami naik perahu kecil, air lautnya lebih jernih sehingga terlihat ikan-ikan kecil cantik berwarna warni didalam laut, hanya 15 menit saja sudah sampai dan ternyata benar pasirnya putih sangat berbeda dengan tempat sebelumnya, suasana lebih rimbun dan sejuk karena banyak pohonan, ada banyak Monyet berkeliaran secara bebas karena disini adalah Cagar Alam. Kami mengabadikan setiap tempat yang kami lalui dan tepat diujung kami melihat gua peninggalan jaman Jepang yang sudah tidak berfungsi. Tak terasa hari sudah mulai gelap, pengunjungpun sudah sepi tinggal kami dan tukang perahu yang tersisa, akhirnya kami memutuskan balik dan langsung kehotel untuk istirahat sejenak karena ternyata terasa capek juga.
Acara selanjutnya adalah kuliner Seafood yang wajib dan tidak boleh terlewatkan. Kami berjalan kearah Pangandaran Timur dekat pasar, sebelum memutuskan, kami mengamati setiap restoran dan pilihan kami jatuh di restorant yang cukup ramai pengunjungnya persis didepan dekat pintu masuk. Langsung kami ketempat pemilihan menu dengan berbagai macam hasil laut, kami memilih cumi, udang, ikan dan cah kangkung menjadi menu santap malam kami. Untuk harga seafood mirip Jakarta hanya disini lebih segar karena dekat dengan laut. Ternyata pilihan kami tepat, makanan ditempat ini rasanya enak dan langsung lahap makan tanpa sisa hanya sayang es kelapa yang kami pesan sudah habis.
Liburan belum lengkap rasanya tanpa melihat pernak-pernik atau hasil kerajinan setempat untuk belanja ala kadarnya maklum semua cewek-cewek, setelah makan langsung kami hunting dan ternyata ada ide untuk membeli pakaian dengan corak yang sama dan kami semua setuju. Harga ditempat ini juga masih masuk akal hanya dimanapun kita belanja tetap harus tanya harga dan kalau belum ditawar rasanya kurang seru hehehe,,,,Pakaian sudah dibeli dan senang membeli gelang kulit kerang yang cantik begitu juga yang lainnya menemukan sesuai selera masing-masing. Jam sudah menunjukkan jam 10 malam dan akhirnya kami pulang dan istirahat. Besok akan dilanjutkan ke Green Canyon. Sleeping Time, Pray before sleep,,,